Bagaimana Cara Membuat Konten Instagram yang Viral?


Bagaimana-Cara-Membuat-Konten-Instagram-yang-Viral_01
Social Media Week

Social Media Week is a leading news platform and worldwide conference that curates and shares the best ideas and insights into social media and technology's impact on business, society, and culture.


Ingat postingan tentang tukang ojek online cantik atau meme “Hmm.. Sudah kuduga”? Kedua postingan tersebut menjadi viral dan berhasil menghebohkan social media tahun 2015 lalu. Kreator kedua postingan tersebut, Dagelan, berbagi tips gimana caranya postingan bisa menjadi viral dalam sesi meet-up Social Media Week 2016 di Senayan City, Jakarta pada Kamis (25/2). Akun instagram @dagelan memiliki 8,7 juta follower.

Bagaimana-Cara-Membuat-Konten-Instagram-yang-Viral_03

Danny Syah, Chief Marketing Officer dari Infia Media Pratama yang mengelola Dagelan menuturkan, pada dasarnya sebuah konten yang viral memanfaatkan audiensnya audiens audiensnya audiens. Berlapis-lapis. Agar audiens (baca: follower) kita mau men-share juga postingan kita, sebuah postingan tidak cukup hanya loveable posting, tapi harus menginspirasi.

Berdasarkan pengalamannya di Dagelan, Danny menjabarkan ada tiga formula agar suatu konten bisa menjadi viral:

  1. Gampang diingat
  2. Media yang digunakan diakses banyak orang (baca: punya fans atau follower banyak)
  3. Lingkungan atau momentum yang tepat dan mendukung

Lalu, ada beberapa aspek yang harus diperhatikan dalam membuatnya:

  1. Pertimbangkan aspek emosional
  2. Berani ambil resiko
  3. Provokatif
  4. Timingnya pas
  5. Pesannya simpel
  6. Kreatif

Sebuah konten yang berpotensi viral harus bisa memancing emosi audiens, entah itu tersentuh, terharu, tertawa, atau sedih. Dari enam aspek tersebut, yang paling penting adalah kreativitas.

Setelah tahu formulanya, lantas apa lagi? Danny menyebut ada 4 hal lagi yang menentukan berdasarkan prosentasenya:

  1. Persiapan 10%
  2. Latihan 20%
  3. Intuisi 20%
  4. Keberuntungan 50%

Yang mengejutkan, ternyata faktor utama postingan viral atau tidak, terutama postingan kocak, adalah faktor dewi fortuna. Danny menjelaskan, walaupun sudah membuat konten yang sepertinya keren dan bakal viral, belum tentu beneran jadi viral. Kadang justru postingan yang tak terduga yang jadi viral.

Apakah ada pengaruh dari model atau figur yang dijadikan materi konten? Belum tentu juga. Seperti misalnya meme “Sudah kuduga”, sosok yang ditampilkan adalah orang biasa banget, bukan pesohor. Danny tidak bisa mendeskripsikan bagaimana tampang orang yang memeable, dan juga itu bukan bakat yang bisa diasah. Tak ada formula yang pasti.

“Yang terpenting message dan relevansinya,” jelas Danny.

Dagelan yang terus tumbuh akhirnya juga membentuk beberapa komunitas, yaitu Komikin Ajah dan Memein Ajah. Kedua komunitas ini juga punya akun instagram tersendiri.

Menurut Rizal “Gaber” Fahmi, Public Relations Komikin Ajah, komunitas ini didirikan untuk merangkul para kreator komik di Instagram dan menumbuhkan awareness terhadap komik lokal. Komikin Ajah sekarang memiliki 1,1 juta follower.

Tidak hanya membuat komik, Komikin Ajah juga membuat sejumlah komik campaign yang cukup viral yang biasanya dibikin pada hari-hari besar tertentu atau menanggapi isu tertentu, misalnya menyambut Hari Kartini, #masihmelawanasap, Harapan Project, atau Tribute to Pak Raden.

Bagaimana-Cara-Membuat-Konten-Instagram-yang-Viral_04

Mereka juga menciptakan tema harian dimana para kreator bisa memilih sesuai minatnya. Para kreator memposting menggunakan hashtag yang tersedia, Komikin Ajah akan repost. Tema hariannya adalah:

  1. #seninkritis
  2. #selasaedukasi
  3. #rabucolab
  4. #kamishoror
  5. #jumatbudaya
  6. #sabtucintacintaan
  7. #minggurandom

Selain kedua pembicara tersebut, sesi meet-up ini juga menghadirkan Lulus Samudera (Memein Ajah), Buana Perkasa (Rahasia Gadis), Mirza Banuya (Daily Manly), dan Gito Sabata (Klix Digital). Sesi ini dipandu oleh Ayusya Abiansekar (Klix Digital).

Yang cukup mengejutkan adalah kehadiran Buana Perkasa, yang ternyata adalah founder Rahasia Gadis yang memiliki 1,4 juta follower. Semua orang mengira founder akun @rahasiagadis adalah cewek, ternyata salah! Buana Perkasa adalah cowok tulen.

Ia berbagi 7 resep agar konten bisa menjadi viral. Apa saja?

  1. Tanya kenapa?
  2. Bikin yang unik dan menarik
  3. Jujur pada diri sendiri dan orang lain
  4. Temukan rekan yang luar biasa
  5. Bikin orang nyaman
  6. Giat dan konsisten
  7. Mulai sekarang!

Tujuh resep ini berguna bukan cuma kalau mau bikin konten yang viral, tapi segala produk. Coba aja!

Di ujung sesi, ada audiens yang bertanya kapan peak time untuk posting di Instagram. Semua narasumber menyebut waktu yang mirip-mirip, yaitu bangun tidur, jam makan siang, sebelum jam pulang kantor, dan pukul 7-11 malam.

Penulis: Sutar Soemitro



Tinto Banu

Magister, MCM



Want to write for Social Media Week?

We're looking for individuals around the globe to contribute articles on marketing, media, technology, and more.







Comments