Swiftmoji: Prediksikan Emoji Melalui Konteks Pesan Anda


Social Media Week

Social Media Week is a leading news platform and worldwide conference that curates and shares the best ideas and insights into social media and technology's impact on business, society, and culture.


Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan komunikasi via text message, chats, dan sejenisnya. Terlebih lagi berkomukasi lewat pesan teks telah dilengkapi dengan fitur-fitur yang membantu Anda dalam mengekpresikan perasaan Anda, salah satu contohnya adalah Emoji.

Emojis merupakan beragam simbol yang sering digunakan user untuk me-representasikan hal yang mereka alami dan hal yang mereka rasakan. Penggunaan Emoji dirasa cukup membantu user dalam berkomunikasi untuk mendukungan konteks yang dibicarakan hanya dengan menggunakan simbol yang berkaitan tanpa perlu menuliskan teks.

Namun, pernahkah Anda membayangkan apabila media yang digunakan dapat memahami konteks yang Anda bicarakan?

Setelah mematangkan teknologi prediction engine-nya, SwiftKey kini telah meluncurkan aplikasi baru di bawah Microsoft. Dijuluki dengan nama Swiftmoji, apakah Anda mengetahui keunggulannya? Swiftmoji bisa diumpamakan seperti Swiftkey tapi untuk emoji. Kalau SwiftKey berusaha memprediksi kata-kata apa yang akan Anda ketik selanjutnya, Swiftmoji akan memprediksi emoji apa yang akan Anda cantumkan.

Hal ini terjadi karena Swiftmoji menggunakan teknologi berbasis predicition engine yang sama seperti SwiftKey. Mesin tersebut akan mencoba memahami konteks terkait apa yang Anda ketikkan dan merujuk pada tren penggunaan emoji secara global guna memberikan emoji yang paling tepat untuk mendampingi pesan Anda tersebut.

Selain itu, Swiftmoji dipercaya mampu untuk mengenali sentiment-sentimen yang muncul dari pengguna dalam jumlah besar melalui analisa yang dilakukan ketika proses komunikasi berlangsung. Menariknya, bagaimana cara Swiftmoji memberikan rekomendasi emoji kambing ketika nama Muhammad Ali diketikkan, dimana kambing dilihat sebagai akronim dari “Greatest of All Time” alias G.O.A.T.

Kehadiran Swiftmoji sebagai solusi dari permasalahan dalam proses berkomunikasi, dimana proses pencarian emoji yang tepat untuk digunakan cukup menyita waktu. Faktanya, kurang lebih 6 miliar emoji digunakan di seluruh dunia setiap harinya. Dan hingga saat ini terdapat lebih dari 1800 emoji tersedia, tentunya menemukan emoji yang tepat di antara 1800 emojis cukup menyita waktu, bukan?

Saat ini Swiftmoji telah hadir untuk iOS maupun Android, tanpa berbayar. Di Android, ia akan menggantikan keyboard bawaan secara penuh, dengan deretan prediksi emoji terdapat di atas keyboard. Sedangkan di iOS, pengguna harus sedikit lebih berjuang karena setiap kali menginput emoji, pengguna harus mengganti keyboard-nya terlebih dahulu.

Source: SwiftKey, DailySocial



Chrisvania Nyssa

Business Development Officer, PT. Merah Cipta Media

A witty graphic designer currently exploring Indonesia’s dynamic Creative Economy industry, while still stealing some time to cover jazz songs and learn Korean.



Want to write for Social Media Week?

We're looking for individuals around the globe to contribute articles on marketing, media, technology, and more.







Comments